28 Des 2014

Sejarah Singkat Pondok Pesantren Nurul Ichlas YAPINUR 1



Assalamua'alaikum wr.wb...

Selamat berjumpa lagi sahabat,sudah lama kami tidak menyapa sahabat dengan karya dan tulisan kami yang bermanfaat insya Alloh,...

Oleh karena itu lewat kesempatan yang baik ini kami akan menyapa kembali sahabat dengan judul " sejarah singkat pondok Pesantren YAPINUR 1 "..mungkin para sahabat yang ingin tahu awal berdirinya pesantren kami,berikut sejarah singkatnya penulis ambil sumber dari beliau dan buku pegangan santri Nurul Ichlas YAPINUR..


Sahabat,Pesantren Nurul Ichlas bermula dari sebuah tajug kecil yang berada di Kampung Sindang Anom, Desa Limbangan Tengah, Bl. Limbangan, Garut, dan didirikan sekitar tahun 1957 oleh kakek buyut kami yang bernama alm KH. Yaqub dan Nenek buyut almh Hj. Maryam ayah dari kakek kami alm KH. Junaedi suami dari Nenek Ruhe, dan tajug itu bernama Al-Ikhlas, dan dulunya tajug ini selain digunakan untuk melaksanakan ibadah shalat, juga dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan pengajian bagi anak-anak, dan para orang tua di sekitar tajug, yang dikelola oleh alm KH. Junaedi dan putra sulungnya bernama M. Toha.

Sesepuh/Pendiri Pesantren Nurul Ichlas YAPINUR
 (KH. Aen zakaria AlAnshory)

Sampai suatu saat tepatnya di tahun 1966, alm KH. Junaedi menikahkan putri bungsunya yang bernama Hamsih Siti Samsyiah (ibu sepuh) dengan seorang santri yang baru pulang mondok dari sebuah pesantren terkenal pada waktu itu, santri itu bernama Aen Zakaria Al-Anshorie ( Mama/sesepuh pesantren).

Dengan bekal ilmu yang dimilikinya dan atas seizin dari alm KH. Junaedi, maka resmilah di buka lembaga pendidikan yang dikelola langsung oleh menantunya, adapun lembaga yang pertama kali didirikan adalah Madrasah Diniyah Al-Ikhlas. dan Subhanallah, ternyata responnya cukup baik diterima oleh masyarakat, yang dibuktikan dengan banyaknya orang tua yang menitipkan anaknya (+ 200 orang) untuk di didik di madrasah ini.

Sampai sini dulu sahabat,nanti kita berjumpa lagi di "Sejarah Singkat  Pondok Pesantren Nurul Ichlas YAPINUR 2,di tunggu yah...

wassalammua'alaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih anda sudah berkunjung ke blog kami

Terjemahan