29 Des 2014

pesantren yapinur melek

Awal  Januari 2013, Pesantren kami diundang oleh Kelompok Kerja Pondok Pesantren Salafiah (KKPPS) Kabupaten Garut untuk menjadi peserta dalam acara Workshop Pengembangan Mutu dan Tata Kelola Pondok Pesantren Salafiah se Kabupaten Garut. Acara yang dilaksanakn di LEC Garut itu dihadiri oleh ratusan pimpinan atau perwakilan Pondok Pesantren. Kerjasama Relawan TIK Garut dengan KPPS Garut ini melalui kerjasama Relawan TIK Indonesia dan KPPS Garut dengan Sekolah Tinggi Teknologi Garut.

Pembicaraan setelah sesi Workship Selesai
antara kg.rinda cahyana dan peserta worshop/penulis
( dok.Komtik garut )
Dalam kesempatan tersebut Relawan TIK Garut menjelaskan komunikasi, kerjasama, dan program kerja yang telah dibangun dengan pesantren, Kelompok Kerja Pondok Pesantren Salafiah Kabupaten  Garut, Majelis al-Muwasholah Baina Ulama'il Muslimin, dan Relawan TIK Jawa Timur dalam kaitannya dengan pengembangan TIK pesantren. Peserta Workshop juga menyampaikan beberapa informasi terkait pemanfaatan TIK di lingkungan Pesantren,Peserta terlihat sangat antusias terhadap konten internet. Beberapa peserta menanyakan tentang bagaimana menggunakan "mbah" Google melalui perangkat bergerak dan bagaimana menghindarkan diri terjebak untuk tidak masuk ke dalam situs yang mengandung konten "tidak penting". Relawan TIK Garut menjelaskan bahwa syarat terhubung ke layanan Google ini adalah koneksi internet,Setelah sesi Workshop berakhir, peserta melanjutkan komunikasinya dengan Relawan TIK Garut. Dalam kesempatan tersebut Relawan TIK Garut juga membagikan secara cuma-cuma perangkat lunak Sistem Pembayaran kepada peserta yang membawa simpanan data / flashdisk. Pesantren yang meminta perangkat lunak tersebut antara lain Pesantren al-Barkah, al-Fajr, al-Ihsan, al-Muawanah, an-Nur, Darul Huda al-Ikhlas, Hidayatul Abror, Miftahul Falah, Miftahul Huda, Nurul Amanah, dan Yapinur. Peserta juga berharap agar Relawan TIK Garut menyelenggarakan pelatihan TIK bagi pesantren. Relawan TIK Garut mempersilahkan perwakilan dari Pesantren untuk mengikuti pelatihan TIK mingguan yang diselenggarakan di Pusat Komunitas TIK Garut, di kompleks Yayasan al-Musaddadiyah, gedung D Sekolah Tinggi Teknologi Garut, jalan Mayor Syamsu nomor 1 Kecamatan Tarogong Kidul.( sumber :http://www.komtik-garut.org/2013/01/workshop-tik-bagi-pesantren-bersama.html )
kg.rizka
Santri putra
Kegiatan tersebut sangat-sangat bermanfa'at bagi pesantren kami terkhusus penulis yang di beri kesempatan untuk ikut workshop oleh pimpinan dan pengurus pesantren Nurul ichlas Yapinur,karena kegiatan tersebut menjadi awal keaktifan pesantren kami untuk gabung menjadi anggota PPMI TIK Garut..
tutor KPMI YAPINUR
walaupun setelah kegiatan tersebut sempat pakem,namun pertengahan bulan juli 201penulis kembali menghubungi ketua KOMTIK Garut " Kg. Rinda cahyana " beliau pengisi workshop pada acara tersebut dan beliau adalah Dosen Sekolah tinggi tehnologi garut di Garut/ STTG Garut..singkat cerita sayapun berhasil menghubungi beliau walaupun perjalanan yang tidak mudah karena nomor Hp yang beliau berikan waktu workshop sempat tidak aktif, saya tidak putus semangat karena setelah itu saya langsung bergerak cepat mencari nama beliau lewat internet dan Fb, dan alhamdulillah membuahkan hasil akhirnya bisa langsung berinteraksi dengan beliau lewat fb, dengan kata2 awal bahwa pesantren kami membutuhkan bantuan untuk perbaikan blog pesantren,akhirnya beliau respon dan mengirimkan relawan ke pesantren kami yaitu bernama "kg. Rizka"..kg. rizka pun datang ke pesantren kami dan menawarkan kegiatan TIK di pesantren kami dengan peserta para santri untuk dibimbing selama 1 tahun untuk menjadi ahli TIK yang handal dan bisa mendidik adik kelasnya pada tahun selanjutnya,dengan dukungan kg.Rinda cahyana kegiatanpun terlaksana dari awal bulan september 2014 dan sampai sekarang.
Santri peserta KPMI YAPINUR
Mudah-mudahan santri bisa memanfaatkan kesempatan yang baik ini..






 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih anda sudah berkunjung ke blog kami

Terjemahan