9 Nov 2012

cara kerja radio


Pesawat io-cara-kerja-radio-pemancar-radio.htm">radio menangkap sinyal suara dari udara. Pesawat radio menerima semua jenis gelombang radio melalui antena yang ada di dalam atau di luar pesawat Di mana pun radio berada, saat kita menyalakannya, kita akan dapat mendengarkan siarannya. Program siaran radto ada yang berasal dari stasiun pemancar terdekat atau dari stasiun pemancar dari kota lain.

Pesawat radio berisi peralatan listrik, di antaranya adalah tuner untuk memfih program acara dan alat yang mengubah kembali sinyal tersebut menjadi sinyal suara yang kemudian masuk ke amplifier kecil dan pengeras suara di dalam pesawat radio sehing-ga suara tentengar.

Suara yang terdengar itu tidak merambat melalui udara sampai radio, tetapi berbentuk gelombang radio yang dikirim dari stasiun radio. Gelombang radio seperti sorotan cahaya yang tak terlihat dan merambat dengan kecepatan tinggi. Gelombang radio dapat menyebrangi Samudra Atiantik dalam 1/50 detik.

Stasiun radio mengirim dan menyiarkan acara-acara berita atau hiburan. Kadang-kadang stasiun radio menyiarkan acara-acara, seperti acara musik secara langsung, tetapi sering juga menyiarkan rekaman acara. Mesin perekam juga menghasilkan sinyal listrik yang melewati pemancar dan mengirimkan gelombang radio. Sinyal mengubah gelombang radio yang membawa sinyal suara.

Pemancar radio biasanya diletakkan pada tempat yang tinggi atau di puncak gedung tinggi agar gelombang radio merambat tanpa terhalang apapun. Pancaran kekuatan gelombang radio juga mempeng aruhi jarak pancarnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih anda sudah berkunjung ke blog kami

Terjemahan